Recipe of the day: Tiramisu Cupcakes

by diatami

“When you’re stressed, you eats chocolate, cakes, and sweets. Do you ever realize why? Because stressed spelled backwards is desserts.”

BM6yvQQCQAAJF4APas lagi nggak ada kerjaan ataupun lagi banyak pikiran aku suka merencanakan kegiatan sendiri. Aku berusaha untuk melakukan hal-hal yang menarik dan positif, seperti membuat dessert salah satunya. Membuat atau hanya melihat dessert lezat dan eye-catching menurutku sama seperti para wanita lainnya setelah berbelanja atau hanya sekedar window shopping. Karena sama-sama memunculkan rasa puas dan bahagia. Lebih bahagia lagi kalo dessert buatan kita lezat dan banyak yang memuji. Hohoho. Dengan ini, otomatis kita menjadi bahagia. Sama juga dengan pikiran yang numpuk, ketika membuat dessert tentu aja otak kita terfokus pada proses pembuatannya sehingga pikiran kita teralihkan. Apalagi kalau hasilnya memuaskan, makanan enak selalu menimbulkan rasa puas dan bahagia kan? Aku jamin, makanan enak selalu bisa membuat kita bahagia dan kalian tentu tau bahwa bahagia adalah penghilang stress paling mujarab.

Hari ini aku mau share cara membuat Tiramisu super praktis, hasil menjelajah internet dan menonton Cake Boss beberapa hari yang lalu. Dessert ini sebetulnya sangat praktis karena nggak perlu dipanggang. Dessert ini hanya memperlukan 3 pokok bahan; biskuit (ladyfingers) yang dicelupkan ke dalam larutan kopi dan krim manisnya. Pada aslinya, Tiramisu di tambahkan dengan liquer (sejenis minuman beralkohol yang memiliki aroma buah-buahan). Karena aku buatnya super praktis, jadi aku nggak memakai liquer dan ladyfingers (aku belum nemuin ladyfingers disini). Aku mengganti ladyfingers-nya dengan Oreo.

Jadilah, ini Oreo Tiramisu Cupcakes..

2513-horz

Bahan:

  • 1 bungkus Oreo
  • 250 ml krim kental/whipping cream (rekomendasi: Elle n Vire)
  • 200 gram cream cheese (rekomendasi: Elle n Vire). Jika cream cheese baru keluar dari kulkas dan keras, biarkan di suhu ruang 1 – 2 jam agar lembut.
  • 100 – 125 gram gula halus (blender gula pasir hingga lembut)
  • 1 1/2 sendok teh vanila ekstrak
  • 2 sendok teh bubuk Nescafe instan lalu seduh dengan 100 ml air panas (aku menggunakan Nesface Black)
  • bubuk coklat untuk hiasan

Cara Membuat Cream:

  1. Siapkan mangkuk mikser. Lalu masukkan cream cheese, whipping cream, vanilla ekstrak, dan gula halus.
  2. Kocok menggunakan mikser dengan kecepatan rendah agar bahan tercampur kemudian tambahkan kecepatan menjadi tinggi dan kocok hingga kembang dan kental. Jangan terlalu lama mengocok adonan karena akan membuat adonan pecah dan terpisah antara krim dan air.
  3. Matikan mikser.

Penyajian:

  1. Celupkan biskuit Oreo pada larutan kopi yang sudah disiapkan. Sekedar basah dan kopinya meresap pada biskuit, jangan sampai lembek atau hancur. Lalu letakan Oreo ke dalam cup.
  2. Masukan setengah sendok makan krim ke dalam cup yang sudah disiapkan. Ratakan dan taburi dengan bubuk coklat menggunakan saringan kecil agara merata.
  3. Lalu lanjutkan dengan menutupinya Oreo yang sudah dicelupkan ke dalam larutan kopi dan krim. Ulangi sampai cup yang digunakan penuh. Pada lapisan paling atas adalah krim yang ditaburi dengan coklat bubuk untuk mempercantik tampilannya.
  4. Masukan ke dalam kulkas selama 2 jam sebelum di sajikan.
(Takaran bahan yang aku gunakan mengadopsi dari Cara Membuat Tiramisu Super Praktis)

Selain mencoba dengan lapisan biskuit aku juga mencoba dengan lapisan cake.

Takaran bahan yang aku gunakan Resep Tiramisu Cake.

Bahan Cake:

  • 200 gr terigu
  • 200 gr gula pasir halus
  • 8 butir telur
  • 1 sendok teh cake emulsifier
  • 1/2 sendok teh vanili (secukupnya)
  • 200 gr mentega, lelehkan
  • 2 sendok teh kopi instan, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat Cake:

  1. Campur semua bahan kecuali mentega, lalu kocok hingga mengembang. Tambahkan mentega cair, aduk perlahan hingga rata. Tuang ke dalam 2 buah loyang ukuran 20×20 cm.
  2. Panggang dengan suhu 180º C selama 30 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.

Penyajian:

  1. Potong-potong cake dengan ketebalan 1 cm dan diameter sesuai dengan cup atau wadah yang digunakan.
  2. Olesi cake dengan air Nescafe dengan menggunakan kuas.
  3. Tata selembar cake di dasar cup.
  4. Simpan dalam lemari es selama 2 jam hingga mengeras. Potong-potong dan sajikan.
  5. Sajikan dengan taburan cokelat bubuk.

3124Tiramisu Cupcakes with KitKat!
By the way, selamat mencoba :)

– d

 

Advertisements